ILMU KOMUNIKASI BROADCESTING

Rabu, 02 Januari 2013

Modal Dasar Penyiar: Bekal Masuk Dunia Penyiar

PENYIAR radio adalah entertainer. Penyiar selalu (tanpa lelah, tanpa henti) berupaya menyengkan audience-nya. Radio (dan TV) mengudara atas dasar keinginan/pemikiran Audience-nya.

Penyiar era sekarang ini lebih sulit karena Anda harus punya lebih dari sekedar golden voice; Anda harus punya jiwa entertainer, harus mampu berekspresi secara flexible, harus terdepan mengikuti segala trend lifestyle & information, dan harus siap (tanpa cengeng, tanpa mengeluh) untuk tampil di depan pendengar/penonton manapun untuk memenuhi keinginan Audience dan klien yang membayar Anda.

Kualifikasi apa yang harus ada pada diri penyiar? Jawabannya antara lain:
Pertama, disiplinkan diri agar bisa selalu berusaha menghibur Audience : jangan berfikir untuk jadi Penyiar jika Anda sulit menepati janji dengan orang atau sering berganti mood setiap hari.

Kedua, kendalikan emosi: Kalau Anda mengalami kesulitan untuk mengendalikan ekspresi diri karena mood Anda mudah berubah-ubah bagaikan cuaca, lebih baik Anda kerja di balik komputer ketimbang di studio siaran.

Ketiga, harus in-touch dengan apa yang sedang menjadi pusat perhatian Audience kita; dengan kata lain, kita harus gaul seperti mereka. Kalau ingin bekerja di radio otomotif, misalnya, biasakanlah diri dengan hobby mobil dan motor. Jika ingin menjadi pembaca berita di Metro-TV, biasakanlah mengkonsumsi berita setiap hari.

Keempat, harus terbiasa “disuruh-suruh” sesuai tuntutan klien atau program. Dalam prakteknya tuntutan ketiga ini sangat bervariasi, misalnya Anda diberi jam siaran Minggu pagi, padahal Anda paling susah bangun pagi; harus mewawancarai seseorang yang Anda sangat tidak suka; dituntut memakai celana pendek saat jadi TV-host, padahal lutut Anda jelek; diminta diet drastis karena setelah melahirkan koq terlihat gemuk di kamera; dan berbagai contoh yang terlalu banyak untuk disebutkan satu-persatu.

Kelima, kalau Anda merupakan tipe orang yang cenderung membantah perintah atau setiap hari masih dibangunkan oleh Mama, maka sebaiknya Anda kerja di bank saja… atau bikin perusahaan sendiri. Apalagi tugas sebagai Penyiar menuntut Anda bisa memenuhi keinginan Audience, no matter what the conditions and no matter who the Audience

0 komentar:

Posting Komentar